Pemantauan Harga Transaksi Pasar

 19 Juni 2020    Dibaca: 52 Pengunjung

Kegiatan Pemantauan Harga Transaksi Pasar

Maumere (19/06/2020) – Pada bulan Juni 2020 ini, Bea Cukai Maumere kembali melakukan kegiatan pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) Hasil Tembakau. Kali ini kegiatan tersebut dilakukan di tiga wilayah Kabupaten yaitu Kabupaten Sikka , Kabupaten Ende dan Kabupaten Flores Timur. Adapun pelaksanaannya dilakukan dalam dua kali pelaksanaan yaitu pada tanggal 08 s.d. 10 Juni 2020 meliputi Kecamatan wulanggitang dan kecamatan Ile Mandiri, kemudian pada tanggal 15 sd. 17 Juni 2020 meliputi kecamatan kelimutu dan kecamatan maurole.

Kegiatan pemantauan HTP tersebut dilaksanakan dengan mendatangi kios atau penjual eceran produk hasil tembakau berupa rokok secara acak, kemudian melakukan pengumpulan informasi harga penjualan produk-produk rokok yang dijual. Pemantauan HTP merupakan kegiatan untuk membandingkan harga transaksi pasar (harga pada tingkat konsumen akhir) dengan Harga Jual Eceran (HJE) yang tercantum pada pita cukai hasil tembakau dengan tujuan untuk memastikan harga transaksi pasar tidak melampaui batasan harga jual eceran yang tercantum dalam pita cukai hasil tembakau.

Dalam kegiatan tersebut petugas yang melakukan pemantauan juga sekaligus melakukan penyampaian informasi dan edukasi mengenai rokok ilegal, dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi penjual atau masyarakat dalam memerangi peredaran rokok ilegal.