Dukung Ekspor Kopi Bajawa, Bea Cukai Maumere mengunjungi Koperasi Kopi

 12 Agustus 2020    Dibaca: 98 Pengunjung

-

ea Cukai Maumere pada tanggal 12 dan 13 Agustus 2020, melakukan kunjungan ke pelaku usaha komoditi ekspor kopi Arabika Flores Bajawa (AFB) yaitu Koperasi Serba Usaha(KSU) Famasa di Beiwali, Kec. Bajawa dan Unit Pengolahan Hasil (UPH) Papawiu di Kelurahan Mangulewa, Kec. Golewa Barat, Kabupaten Ngada. Adapun tujuan kunjungan tersebut adalah untuk melihat langsung potensi ekspor kopi AFB dan menjalin komunikasi dengan pelaku usaha komoditi ekspor kopi tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Bea Cukai Maumere, Tommy Hutomo menyampaikan mengenai peran Bea Cukai sebagai trade facilitator dan industrial assistance dalam upaya menumbuhkan dan meningkatkan ekspor. “Bea Cukai siap memberikan dukungan dan assistensi terhadap kegiatan ekspor yang dilakukan” ujar Tommy. “Jika bapak atau siapapun yang ingin mengetahui lebih dalam terkait kegiatan ekspor atau impor, silakan hubungi kami dan dengan senang hati akan kami layani” pungkas Tommy.

Leonardus Naru Ketua UPH Papawiu menyampaikan bahwa kopi AFB sudah dipasarkan keluar negeri seperti Amerika dan Australia. Selama ini mereka juga memasarkan kopi tersebut ke Kupang dan ke luar NTT. “kami harap eskpor kopi Bajawa mendapat dukungan dari Bea Cukai dan pihak-pihak lainnya walaupun ekspornya tidak kami lakukan langsung” ucap Leonardus. Ketua KSU Famasa, Fabianus Deru juga menyampaikan hal yang sama dan meminta Bea Cukai agar memberikan dukungan guna meningkatkan potensi ekspor produk kopi Bajawa.

Diharapkan dengan kegiatan kunjungan tersebut dapat memberikan support kepada petani dan pelaku usaha komoditi ekspor kopi AFB sekaligus menjadi awal baik untuk terciptanya pertumbuhan dan peningkatan kegiatan ekspor di Kabupaten Ngada.