CK-6

 06 Maret 2020    Dibaca: 12 Pengunjung

Kewajiban atas pengangkutan Barang Kena Cukai (BKC) berupa Etil alkohol/ Minuman mengandung etil alkohol :

  1. Dokumen CK-6 adalah Dokumen pelindung pengangkutan Etil alkohol/ Minuman mengandung etil alkohol yang sudah dilunasi cukainya di peredaran bebas (format dokumen terlampir).
  2. Pengangkutan BKC yang sudah dilunasi cukainya, dari penyalur ke tempat lain di peredaran bebas, berupa Minuman mengandung etil alkohol dengan kadar berapapun dalam jumlah lebih dari 6 (enam) liter wajib dilindungi dengan dokumen CK-6.
  3. Pengangkutan BKC yang sudah dilunasi cukainya, dari tempat penjualan eceran ke tempat lain di peredaran bebas, yang terdiri dari Etil alkohol dalam jumlah lebih dari 6 (enam) liter atau Minunuman Mengandung Etil alkohol dengan kadar lebih dari 5% dalam jumlah lebih dari 6 (enam) liter wajib dilindungi dengan dokumen CK-6.
  4. Pengangkutan sebagaimana poin nomor 2 dan 3 di atas wajib dilaporkan kepada Kepala Kantor yang mengawasi penyalur atau tempat penjualan eceran setiap bulan paling lambat pada hari kesepuluh bulan berikutnya dengan menggunakan formulir laporan pengangkutan Etil alkohol/ Minuman mengandung etil alkohol yang sudah dilunasi cukainya di peredaran bebas sebagaimana terlampir. Dalam hal laporan pengangkutan bulan sebelumnya belum diterima oleh Kepala Kantor maka Pejabat Bea dan Cukai tidak melayani pengajuan CK-6 berikutnya.